Blognya si Ambu

Wednesday, June 01, 2005

Nggak lulus SD tapi bisa masuk SMP

Kemarin ada pertemuan dengan wali kelasnya Devina. Kalau dengan kelasnya Diva udah tanggal 12 kemarin. Isinya sih biasa-biasa aja, laporan kemajuan anak-anak, himbauan agar orang tua mendorong anak-anak agar lebih giat lagi belajar, bla bla bla bla.

Tapi di kelasnya Devina ada sedikit tambahan. Karena dia tahun ajaran yang akan datang dia akan naik ke kelas 6, makanya gurunya wanti-wanti agar mereka lebih serius lagi belajarnya. Lalu dia juga mengingatkan bahwa dalam EBTANAS (atau UN atau apalah gitu namanya..) nilai untuk lulus itu adalah minimal 4,26.

Nilai segitu mungkin bukan ancaman buat anak-anak di SD-nya Devina. Tapi, yang jadi pikiranku begini: Tanggal 10-11 Juni ini anak-anak kelas VI ada Ujian Kemampuan … (apa sih namanya, pokoknya begitulah..). Tanggal 13-17 baru mereka EBTANAS. Ujian Kemampuan itu adalah semacam ujian untuk masuk SMP. Sedangkan EBTANAS itu sebagai syarat mereka lulus dari SD.

Bagaimana kalau ada seseorang lulus dari Ujian Kemampuan, tapi tidak lulus EBTANAS? Misalkan dia mendaftar ke SMP 5, dia akan masuk ke SMP 5 itu dengan catatan, dia masuk sebagai murid titipan. Nanti bulan September atau Oktober dia akan EBTANAS susulan/ulangan, untuk menentukan bahwa dia lulus atau tidak. Nah! Dia kan sudah dinyatakan masuk SMP, tapi dia tidak lulus SD, kumaha sih!

Orang-orang pintar yang mengurus pendidikan di negeri ini apa udah kelewat pinter apa kelewat bodo ya? Apa nggak salah (apalagi menurut psikologi) bahwa sesoerang yang sudah dinyatakan masuk SMP ternyata beberapa bulan kemudian dinyatakan tidak lulus SD. Sekalian saja nggak lulus SD pada bulan Julinya, dan bukannya dia sudah masuk SMP, sudah membina hubungan pertemanan dll, dan dia lalu dinyatakan tidak lulus SD dan mesti balik lagi ke SD. Biaya .. lagi .. malunya dia ketemu dengan teman-teman yang tadinya kelas 5..

Yah …

2 Comments:

  • Pemerintah emang bloon tuh.
    ga lulus kok bisa masuk smp kyk gitu?
    tanggung bgt yaa...
    Sistemnya lucu gitu ya?
    *duh, kpn bisa maju kl dioper2 begini ya?*

    By Blogger Loopeen, at 12:51 PM  

  • Aduh, aku juga bingung sama sistem sekarang, Ambu. Kumaha yeuh? Joji mau aku masukin swasta aja sampe SMA ah, at least dari SD ke SMP ke SMA bisa nggak pindah2...

    By Blogger Arwen Undomiel, at 11:19 PM  

Post a Comment

<< Home