Blognya si Ambu

Saturday, November 08, 2008

Cium Tangan

Entah dari mana asalnya budaya cium tangan ini, karena sekarang sudah biasa dilakukan. Bukan cowok cium tangan cewek a'la Barat lho, tapi yg muda pada yg tua, yang menghormati cium tangan yang dihormati.

Tapi, cium tangan yang bener tuh gimana? Ada yg mengecup--dengan bibir--punggung tangan. Ambu lebih suka menyimpan punggung tangan itu di dahi. Itu kalau posisinya Ambu yg lebih rendah. Seolah kita sedang bersujud dan meletakkan dahi di sajadah.

Tapi Ambu juga sering melihat yg cium tangan itu menyimpan punggung tangan--atau bahkan sampingnya--di pelipis. Dengan gaya cuek. Apalagi, pernah liat di acara 4mata, anak mau cium tangan Sarah Azhari, dengan gaya cuek gitu. Yg cium tangannya nyebelin, yg dicium tangannya apalagi :P

Yg jadi pertanyaan, apakah cium tangan itu emang cuma budaya, sehingga dibuat cuek begitu, atau memang sudah kehilangan arti esensialnya: penghormatan?

Wallahu'alam.

1 Comments:

  • Cium tangan juga budaya Katolik, serupa, dari yang muda kepada yang tua. Suatu kali teman Filipina bertandang dan anakku mencium tangannya, lalu dia bilang: "Kalian seperti Katolik di negara kami...." :-)

    By Anonymous Anonymous, at 8:08 AM  

Post a Comment

<< Home