Blognya si Ambu

Friday, November 03, 2006

Long Post...

Fiuh…

Udah berapa lama sejak tulisan terakhir..? Warning, long post! Dan mungkin aja lompat-lompat, karena nggak inget semuanya.

OK, Lebaran nggak mudik. Karena satu dan lain hal, jadi acara ‘Wisata Kuliner’ dibatalkan. Hihi, soalnya kalau sampai di Cirebon, pasti acaranya jadi ‘Wisata Kuliner’, Nasi Jamblang, Empal Gentong, Mi Koclok, Bubur Sop, Doclang, Encrod, belum lagi segala macam sea food.. Iya, kan Jeff?

Tapi kalau ‘mudik’ itu diartikan secara ‘pulang ke nenek’, ya udah. Pulang ke nenek dari pihak Ambu, tinggal nyebrang jalan. Pulang ke nenek dari pihak Abah, tinggal nyebrang jalan Tol ke Kopo. Udah kan? Hihi..

Tapi anak-anak ga puas. Habis ga ada ‘naik mobil yang lama dan macet’-nya. Hihi..

Lebaran hari pertama, di Batu Indah. Ambu nggak salat karena kedatangan ‘tamu’, tapi ikutan silaturahmi antar-tetangga sesudah salat. Abis itu ke rumah Nyanyah, trus ke Kopo ke rumah Ninut. Cuma sebentar karena trus balik lagi ke rumah Nyanyah karena kumpul semua sepupu-sepupu, paman dan bibi, silaturahmi sekalian ngocok arisan. Sore, balik ke rumah, nyiapin kedatangan adik-adik dari pihak Abah termasuk Ninut dan Papuh, acaranya nyate kambing.

Besoknya ke makam Bapak. Meski hari panas, tapi karena makam Bapak posisinya strategis, teduh dinaungi pohon, jadi ga kerasa. Pulang trus ke rumah Nyanyah, tapi ga ada yang mau makan siang, hihi.. Biasa, perutnya masih jet-lag ^_^. Sore balik lagi ke rumah, beres-beres trus nginep di rumah Ninut.

Tadinya hari Kamis itu maunya berangkat ke Panjalu trus disambung ke Cirebon. Tapi karena ga jadi, hanya bapak-bapak saja yang berangkat ke Panjalu, maka ibu-ibu dan anyak-anyak pergi main. Anyak-anyak pengennya ke Alfa Zone. Padahal sehari-harinya kan udah lompat-lompat di kasur dan sofa, buat apa mahal-mahal bayar tiket Alfa Zone?
*disambit kasur*

Pulang ternyata di luar sedang hujan deras sekali. Di dalam gedung enggak kerasa ya? Dan ternyata itu hujan berikut badai, ada angin puting beliung kalau ga salah. Pokoknya jalanan macet, banyak cabang dan dahan pohon bertebaran. Di rumah Ninut saja sampai kabel telepon putus. Untung sudah jaman Ha-Pe..

Besoknya anak-anak main aja seharian. Ketiga anakku, kedua anak adik iparku Nanda dan Nadia, kaya’nya ga pernah bosen ya, main bareng? Hihi.. Trus pulang ke rumah.

Sabtu pergi lagi. Tadinya ke Braga City Walk, kita belum pernah ke sana, ternyata ga rame. Udah ke Cihampelas Walk. Di sana Devina baca di Mall-nya, kalau di situ binatang peliharaan bisa dibawa, langsung aja ribut, ‘Mbu, si Mimineon lain kali bawa ya?’

Dibawa gimana, udah mah mesti diiket/dirante, trus dia kan panik kalau liat orang segitu banyaknya. Dasar aja .. Liat sana liat sini, makan –udah lama nggak makan bakso abis puasa—hujan, dan pulang.

Oya, waktu bulan puasa pernah ke BSM dan ngeliat ada ruangan kecil dengan judul “Ruang Ibu dan Anak” untuk ibu menyusui. Jadi pengen menyusui lagi…

Minggu pergi pagi-pagi ke Ciwidey. Uwa dari pihak ibuku mau pergi haji, jadi sekalian silaturahmi sekalian sukuran. Dan untuk Abah, ini kali pertama ke snaa. Bukan pergi ke Ciwidey-nya lho, tapi ke rumah-rumah saudara-saudara Ambu di sana. Biasanya kalau Lebaran, mereka yang suka pada dateng ke Bandung.

Dan Ambu lupa bawa tustel.. T_T. Tapi ada yang bawa handy-cam, nanti deh diusahain VCD-nya. Abis pemandangannya baguuus banget. Mereka punya kebun teh, buat kebutuhan sendiri sih, trus segala macem kebun, tomat, kembang kol, kentang, alpuket. Sampai-sampai pas mau pulang nyaris aja mobil ga muat.

Dah, nyampe rumah, udah harus beres-beres lagi. Ambu sampai bikin daftar barang-barang yang harus dibawa, lalu ditempel di pintu lemari. Biar jangan ada yang lupa. Dan Devina menulis di bawahnya: Jangan lupa bawa anak-anak. Hihi. Itu sih ga bakal lupa, ga usah dibawa juga pasti ikut sendiri.

Senin pagi, berangkat lagi ke Ciater, kali ini dengan keluarga Abah. Mampir sana mampir sini, siang baru nyampe di Ciater. Anak-anak udah ga sabar, nyebur di air hangat. Sore baru naik, dan semuanya ngeluh, keriput. Hihi..

Photobucket - Video and Image Hosting

Karena villa-nya ga dilengkapi dapur, jadi kita masak di pojok. Bukan masak sih, cuma ngangetin. Dan karena anak-anak udah cape (ibu-ibunya juga, apalagi bapak-bapaknya) jadi ga jadi acara ngebakar jagung, manggang sosis, dan seterusnya. Jam 8 aja udah sepi…

Pagi-pagi anak-anak langsung nyebur lagi. Maunya sih begitu bangun langsung nyebur, tapi disuruh sarapan dulu, yah sereal yang udah di-pack sama susunya juga praktis kan. Selesai nyebur, nyeduh mi instan dan ngabisin nasi goreng. Tadinya anak-anak mau protes waktu disuruh naik dari kolam, tapi Abah langsung ngingetin, kita kan mau ke Sindang Reret.

Langsung saja anak-anak semangat. Bukan mau makannya, tapi mau main di belakang. Ada Flying Fox dan semacamnya. Dan di situ ada rambu-rambunya: Kawasan Bebas Orang Tua.
Photobucket - Video and Image Hosting
Hihi, jadi anak-anak bebas main di sana. Tapi jadi agak susah motret, jadi motretnya agak burem, kecil-kecil. Abis dari situ trus ke halaman depan, main perosotan dan sebagainya. Ini mereka, tiga punyaku, Nanda dan Nadia, dan Lutfi yang nggak disertai orang tua. Satu lagi, dan Ambu jadi Molly Weasley. Hihi..
Photobucket - Video and Image Hosting

Tapi kita ga makan di Sindang Reret, karena anak-anak pengen makan sate kelinci. Sebenernya, mereka juga pengen kelincinya, tapi Abah bilang, pilih Mimineon atau kelinci? Ya, mikir dua kali deh. Sebenernya peringatan Abah itu maksudnya: ‘Kalau melihara kelinci, nanti Mimineon abis dimakan kelinci’. Hihi.. sejak kapan kelinci jadi karnivora.

Kelincinya memang lucu-lucu, ada yang jenis angora (kaya’ kucing aja) trus ada yang jenis ‘domba’ kata yang jual, bulunya memang haluuuus banget. Trus ini ada yang lucu, ada yang telinganya terkulai. Hihi.. Dulu pernah baca di buku anak-anak, tentang keluarga kelinci, dan mereka kedatangan sepupu mereka, dari keluarga ‘telinga terkulai’. Hihi..
Photobucket - Video and Image Hosting

Tempat kita makan sate kelinci banyak lalatnya. Jadi kita sibuk mengibas-ngibas. Daffa punya akal, tehbotol yang dia minum –dan punya Nanda juga-- ditutup sama topinya. Jadi nggak dihinggapi lalat. Tapi .. ditutup topi? Apakah rasa dan warna tehnya tidak akan berubah?
*kabur*
Photobucket - Video and Image Hosting

Hari Rabu, kita jalan-jalan lagi. Hihi. Sebenarnya nggak jalan-jalan banget sih, soalnya Devina udah masuk sekolah, tapi dia pergi jam 7, jam 8 udah nelepon, “Ambu, udah beres nih”. Cuma salaman aja. Adik-adiknya juga bakalan salam-salaman aja, jadi Ambu bolosin aja, hihi..

Karena jarang Abah bisa libur seperti ini, kita sempetin beli-beli yang kita ga sempet beli, lemari yang dari dulu kita pengen beli, dan sebagainya. Dan yang terutama, bikin ini:
Photobucket - Video and Image Hosting
Insya Allah, tahun depan pengen naik haji. Mudah-mudahan. Doain ya? Ya? Ya?

Dan buka tabungan ini ternyata membawa berkah juga: ada teman SD yang kerja di Bank Mandiri Makassar, ngeliat di daftar nama ada nama Ambu –online kan—dan dia liat ada nomer teleponnya, langsung SMS, dan hubungan yang sudah lama terputus, bisa tersambung lagi… Temen SD, itu kan sekitar 30 tahun yang lalu… Alhamdulillah bisa ‘ketemu’ lagi..

*****

Waktu lagi ngapusin SMS yang menuh-menuhin tempat ^_^ iseng nemu SMS dari shaven :
Apa bedanya Porong dan Sorong?
Kalau Porong: banjir lumpur
lapindo brantas
Kalau Sorong: banjir
lumsur lasindo brantap


Wekekekek…

*****

Walaupun sudah berlalu, tapi banyak yang mempertanyakan, kenapa Lebaran ga bisa satu hari yang sama? Sebenarnya ada artikelnya di Koran Sunda, tapi karena koran itu ga Online, males ngetiknya. Browsing, dan ketemu di blog-nya pak Rovicky: baca aja di sini.

Sebenarnya kita Lebaran di hari yang sama kok, 1 Syawal 1427. Hihi.. Cuma hari Masehi-nya aja yang beda.

Btw, kok Lebaran ga pernah terang bulan ya?
*disambit Remus*

*****

Pernah liat gambar ini? Ternyata Alonso sama-sama sopir Bandung-Majalaya, pakai elf. Hihi.. Jadi inget ‘petualangan’ para shields-maiden ke Shire-Dang, pakai elf yang bukan Elf. Bukan Elf yang bersuara merdu, malah ngebut dan penumpangnya dientep kaya’ pindang…
Photobucket - Video and Image Hosting

Dah dulu ah. CPD.. ^_^

4 Comments:

  • Berencana naik haji tahun dpn rupanya. aku do'ain deh. Amin. Tp do'ain aku juga ya, biar cepet naik haji, ga tahun depan, insyaAllah tahun depannya lg. Amin.

    Ga mudik ya Teh? Aku sih mudik *kedip-kedip sombong*, emang assyyiik... mudik tuh....*ngabur, takut dijitak*

    *Balik lg bentar* Teh, kok ga pernah ketemu kalo lagi tusuk jarum, masih ga sih?*ngabur lg ahh..*

    By Blogger Leny Puspadewi, at 11:08 AM  

  • Eheheh, saya kalau tusuk jarum Minggu siang. Maunya sih Minggu pagi, tapi tergantung jam berapa 'bapak supir'-nya bangun, hihi..

    Iya, kita saling mendoakan aja deh, ya?

    By Blogger ambudaff, at 11:14 AM  

  • Jooooooooooooooo! *jitak Jo*

    By Blogger ambudaff, at 4:22 PM  

  • Ya, nanti aye doakan biar bisa cepet-cepet naik haji :D

    By Anonymous Anonymous, at 11:50 PM  

Post a Comment

<< Home