Blognya si Ambu

Thursday, February 15, 2007

Macem-macem lagiii, hehe

Faktor nonteknis berupa kekuatan magis dan bola baru diklaim sebagai penyebab kekalahan Persib dari PSDS Deli Serdang 0-2, pada Liga Indonesia XIII 2007, di Stadion Baharoeddin Siregar Lubukpakam, Selasa (13/2). Demikian analisis sementara pelatih Arcan Iurie Anatolievici, ketika ditemui saat rombongan Persib tiba di Puscadnas Jln. Bali Bandung, Rabu (14/2).

http://www.pikiran-rakyat.co.id/cetak/2007/022007/15/0806.htm


Wekekekek.. Akhirnya abah Arcan percaya juga sama magis. Hihi..

*****

Ternyata banjir bukan menghentikan kegiatan ekonomi di Jakarta saja. Banjir dalam arti yang lebih beku (karena di Inggris saat ini musim dingin, jadi ga hujan tapi hujan es) juga menghentikan kegiatan ekonomi di London. Beritanya udah basi sih..

*****

Tulisan Acep Zamzam Noor ini emang enak dibaca. Dan membaca buku-buku yang disebutkannya, jadi pengen nyari. Ada yang udah pernah baca sih, tapi entah di mana bukunya..

Dan konon penutur bahasa Sunda hanya tinggal 30 %? Alhamdulillah, bari jeung ngomongna ngacapruk ge, sakulawargi mah nyarios basa Sunda.. Taktik yang diterapkan: pakai bahasa Sunda dan hanya bahasa Sunda di rumah sejak kelahiran anak pertama. Dan ini didukung oleh Aki, Nyanyah, Ninut, dan Papuh, beserta emang-emang dan bibi-bibi. Jadi, bahasa Indonesia suruh belajar sendiri aja nanti kalau udah sekolah.

Dan memang manjur, Walau anak-anak banyak terimbas bahasa Indonesia, tetapi kalau kita ajak ngobrol bahasa Sunda, lancar-lancar saja.. Malah anak-anak sering ditanyain oleh guru-gurunya: Ari Devina di bumi nganggo basa Sunda nya? Meni lemes.. Ari Diva nganggo basa Sunda nya? Tiasaan nerjemahkeun dongeng.. Ari Daffa di bumi nyariosna basa Sunda nya? Diajak ngobrol nganggo basa Sunda the ngawaler meni sae..

Hihi, padahal Ambu-na basa Sundana ancur kieu.. Terus, katanya mau ada acara di UNPAD, di Aula, nanti tgl 21 Februari, selain dari acara memperingati Hari Bahasa Ibu, juga akan ada pengumuman pemenang Lomba Novelet Anak-Anak. Duh, kalau saja novel yang kemaren selesai diterjemahkan .. Abis ga sempet aja .. Tapi, berbesar hati deh, dengan demikian tahun ini akan ada penerbitan buku anak!! Nyari!!

*****

Tahukan anda bahwa Demam Berdarah itu berbeda dengan Demam Berdarah Dengue? Demam Berdarah biasa, asal dijaga keseimbangan cairan dalam tubuhnya bisa sehat kembali. Karena memang belum ada obatnya. Yang penting, asupan cairan. Dan bukan hanya jus jambu, tapi segala cairan (tentu saja tida termasuk oli dan air aki *bletags*) seperti air putih, kaldu, jus, susu. Hanya susu coklat atau cairan yang berwarna merah/coklat tua harap agak dihindari, karena jika ada muntahan bisa keliru dengan darah. Tapi kalau pe-de nggak akan muntah sih, gapapa.

Karena Demam Berdarah itu pada pokoknya adalah mengentalnya darah. Karenanya yang diperiksa di lab terutama trombosit dan hematokrit (jumlah pengentalan darah) Biasanya 37-45 %, tergantung dari jenis kelamin dan umur. Dengan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, pengentalan darah itu tidak akan terjadi. Dan trombosit yang turun secara otomatis dalam hari ketujuh dan sekitarnya, akan kembali.

Sedangkan Demam Berdarah Dengue, yang terjadi adalah, bahasa awamnya, pembuluh darah jadi bolong-bolong. Dan trombosit ‘disuruh’ untuk menambal kebocoran itu, yang semakin lama semakin banyak. Nah, ini yang gawat. Selain infus, harus juga ditranfusi darah untuk mengganti darah yang ‘merembes’ keluar, dan kalau sudah tahap tertentu harus ditranfusi trombosit. Bukan darah umum, tetapi hanya unsur trombosit.

Pasien jadi diem. Banyak minum juga tetapi tidak banyak kencing. Nah ini hati-hati karena cairannya diserap oleh darah di pembuluh yang bocor itu..

Jadi, yang sangat berbahaya adalah Demam Berdarah Dengue. Maka kalau oleh dokter didiagnosa Demam Berdarah tapi disuruh pulang, berarti itu hanya Demam Berdarah biasa. Suruh minum saja sebanyak-banyaknya. Apa saja yang dia suka. Tapi biasanya anak-anak susah kalau disuruh minum ya? Mungkin makanya suka disuruh opname dengan pertimbangan ada infus kalau susah minum..

Lalu, katanya ada 4 macam virusnya, DEN-1, DEN-2, DEN-3, dan DEN-4. Ini Ambu belum dapat keterangan, apa itu semua sama? Apakah ada yang berkecenderungan untuk DBD? Kalau seseorang menderita DBD, apakan dia langsung kena DBD atau dia bermula dari DB? Masih mencari keterangan …

*****

Jakarta udah banjir. Sidoarjo banjir lumpurnya makin ke utara. Mendekati Surabaya. Kebayang nggak sih? Bayangkan kamu ada di laut dan mengangkat pulau Jawa di tengah. Mengangkatnya tinggi-tinggi, tanpa memegang kedua sisinya, sisi timur dan sisi barat. Pasti bagian sisi itu akan … melenoy.. duh, apa sih bahasanya. Hihi.. Melenting, gitu. Pulau Jawa jadi seperti huruf u terbalik. Jadi yang tengah ada di tangan kamu, yang sisi melenting. Nah gitu. Jadi sisi-sisinya masuk ke dalam laut. Nah, itu yang terjadi sekarang. Sisi barat dan sisi timur udah masuk ke dalam laut.

Jadi, tinggal bagian tengah yang masih ada di atas. Yang lain udah masuk laut. Jadi, wilayah yang masih aman untuk ditinggali adalah … Merapi *lirik shaven* Hihi..

*****

Ternyat ada juga yang pakai nomer D 11 VA! Dan Karnival juga, tapi itu sih warnanya biru. Dan dia lewat juga di SD Assalaam. Jadi anak Assalaam tuh. Hehe, siapa ya?

Betewe, kemaren waktu ke sekolah, ada anak-anak pakai kaos (mungkin dia anak sepakbola) merah seperti Manchester United, tetapi tulisannya ‘Assalaam United’ Hihi…

(PS: Oom Setiawan bilang, tanpa sekrinsyut berita jadi basbang. Biarin, Oom, abis waktu itu ga keinget bawa tustel…)

*****

Ada yang merhatiin adzan maghrib TransTV? Pas kalimat ‘Hayya alal falaaaah’ gambarnya kereta api keluar dari setasiun. Ada aja yang merhatiin, kalau di tiang sebelah kanan itu ada bayangan, yang berambut tergerai .. Langsung aja anakku Devina ga mau denger adzan maghrib lagi, minimal yang TransTV. Langsung dipindahin. Yeee, liat dulu baik-baik, moso’ ada kuntilanak di siang hari (gambarnya siang/sore hari).

Tapi, mungkin saja ada yang mau merhatiin, dan bilang ke Ambu, apakah sebenarnya itu?

*****

Ada yang tau teks lagu Jepang dalam iklan ‘Nu tea’? Yang seorang laki-laki setelah minum ‘Nu tea’ tiba-tiba mendadak nyanyi itu, dan cewek di sebelahnya langsung nanya pake bahasa Jepang, ‘bisa bahasa Jepang? Ayo kita nyanyi sama-sama’ tapi si cowoknya jadi tersipu malu karena dia sama sekali ga bisa bahasa Jepang..

Itu, yang “Tumbuhlah tanaman .. bla bla bla..”

*****



Mobil tim F1 McLaren pada musim lalu begitu ringkih. Berkali-kali pembalap mereka pada saat itu, Kimi Raikkonen, gagal melanjutkan balapan akibat mobilnya ngadat. Tak mengherankan, Raikkonen pun hengkang dari McLaren dan bergabung bersama tim tangguh Ferrari mulai musim 2007 ini.

Ironisnya, selama uji coba pramusim 2007, justru mobil McLaren tampil mulus tanpa gangguan, sedangkan mobil Ferrari beberapa kali mogok dihajar problem teknis. Berbagai problem teknis ini menjadi peringatan serius untuk Ferrari menjelang seri perdana musim 2007 di Australia bulan depan. http://www.kompas.co.id/kompas-cetak/0702/14/or/3316333.htm


Wekekek. Jadi, yang rusak itu bukan mobil McLaren, tapi Kimi-nya. Wekekek..

Berikut gambar resmi Fernando Alonso bersama Lewis Hamilton. Diambil dari http://www.canada.com/topics/sports/story.html?id=c6af9987-4b4b-46c0-a311-8ff53345ee16&k=98143 dan http://www.itv-f1.com/News_Article.aspx?PO_ID=38466&PO=38466

Photobucket - Video and Image Hosting

Photobucket - Video and Image Hosting

Alonso rambutnya jadi cepak ya? Suka deh .. Dan mereka saling potret pake hape apa tuh?

Udah ah. Akan disambung lagi di lain kesempatan. Hehe..

1 Comments:

  • Hayah. Tampaknya bukan Kimi-nya yang error deh, Ambu. Dulu di Sauber dia baik-baik saja tuh... :P Tampaknya McL ataupun F bukan tempat yang cocok untuknya... *kabur sebelum disambit*

    Btw, liat foto Abang Fernando sama Lewis Hamilton jadi keinget Lily sama Abang Tony waktu gath tahun baru kemaren... wikikik. Mirip.

    Btw, abang potong rambut biar sama ama Lewis-nya kali...

    By Blogger Myu-chan, at 9:55 AM  

Post a Comment

<< Home