Blognya si Ambu

Sunday, February 03, 2008

Seperti biasa ... campursari :P

Sedikit telat, tetapi ini laporan dari acara ulang tahun Ajip Rosidi. Beliau dapet kadeudeuh dari Bank Jabar 25 juta, dan Yayasan Rancage dapet dari Agum Gumelar 100 juta. Deuh, yang pengen jadi Gubernur ...

Hari itu juga diumumkan pemenang Hadiah Rancage dan Hadiah Samsudi. Kemarin-kemaren waktu ke Pameran Buku, nyari Catetan Poean Rere, nggak dapet euy. Mesti ke mana ya nyarinya? Kaya’nya ceritanya bagus tuh. Diulas di tulisan Ajip tentang para pemenang di PR Sabtu-nya. Berikut juga ada tulisan Hadi AKS tentang Hadiah Hardjapamekas, dan bagaimana seharusnya seorang guru bahasa Sunda.

*****

Perdana Menteri Thailand yang baru adalah Samak. Euh, meni tradisional nya? Lain karpet atuh? *ditakol* Ternyata dia juga pembawa acara masak-memasak di televisi, dan sempat dihentikan saat keadaan genting kemarin. Euh, gimana sih, acara masak aja dihentikan, memangnya ngefek gitu memasak ke politik?

Hehe, ngebayangin dikit, gimana kalau Foody Rudy atau Wisata Kuliner dibawakan oleh Presiden ya? Rudy Choerudin jadi Presiden, euh, kalau Bondan Winarno jadi Presiden sih rada kebayang, hehe...

*****

Udah nonton Avatar sampai episode 13, dan nggak akan bilang-bilang lah! Hihi, tapi dikit spoiler nih. Zuko. Dia ada di daerah abu-abu tuh. Walau dia bilang, dia nyebrang, tapi dia masih nyimpen satu ganjelan: Lord Api pernah bilang bahwa ibunya mungkin masih hidup, sambil gayanya taunting gitu. Sehingga menyimpan bom waktu, suatu saat jika Lord Api terdesak, mungkin akan dikeluarkan nih kartu truf-nya. Mungkin akan kita lihat, Zuko-nya tegar nggak tuh, dia tetap akan berdiri di sisi Aang atau enggak tuh!

*****

Kenapa namanya jadi West Java Stadium? Kalau memang mau menginternasional, gini aja, misalnya: Sangkuriang, a West Java Stadium. Gitu, jadiin anak judul. Bukan belum-belum udah judul pake bahasa Inggris. Gagayaan pake bahasa Inggris, jiga nu teu reueus make bahasa Sunda teh!

*****

Di DUDU-HPI, ceritanya ada yang takut kalo ada malem-malem ada yang SMS. Ada SMS yang mengatakan, kalau kamu mengirim SMS ini ke 12 teman, hantunya nggak bakal dateng (di SMS yang di HP Ambu, 13 orang). Padahal, coba kalo dipikir pake akal sehat –iya, Manda, coba pikir, ditakol lagi—gimana bisa seorang (atau selembar, sehelai?) hantu menelusuri siapa yang mengirim SMS dan siapa yang enggak? Duh, hantunya hi-tech ya? Wekekek!

*****

SUPERNATURAL SPECIAL
(Spoiler Alert, kadang-kadang :P)

OK, Dean dapet 1 tahun untuk tetap hidup dari Crossroad Demon, setelah itu dia akan dibawa ke Hell. Dari pembicaraan di milis, kaya’nya Demon itu bukan hanya Fallen Angel, tapi juga manusia-manusia yang punya kontrak dengan Demon. Jadi timbul pemikiran, apakah Ruby juga dulunya begitu? Makanya dia sekarang ‘baik’ ke Sam? Kalau Dean jadi masuk Hell, apakah dia akan jadi seperti Ruby gitu, nggak jahat-jahat amat (iseng sih beda ya, hihi)?

Nah, itu kalau Dean memang masih tetap hidup dalam 1 tahun ini. Kalau enggak? Katakanlah dia mati dalam 8 bulan, dan dia masuk surga atas jasanya yang luarbiasa sehingga pantas untuk dapet Order of Merlin First Class Medal *ditakol* dan masuk surga, apakah Demons akan gigit jari? Nah, kalau memang demikian, Dean seharusnya berbuat sangat baik sekali, dan berusaha agar ia mati sebelum 1 tahun sehingga ia bisa masuk surga. Wekekek, ngayal!

*****

Kemaren ngirim surat ini ke milis, apakah Dean/Sam juga punya journal? Soalnya di Hookman, kelihatan Dean mengisi buku biru berkancing. Lalu di Something Wicked, saat sebelum adegan flashback Shtriga, Dean mengeluarkan buku biru itu dari balik duffelnya dan menulis di dalamnya. Apakah itu journalnya Dean? Kenapa Sam nggak ikutan nulis?

Lalu Robin menyatakan, mungkin Sam menulisnya online. Wah! Pengen liat blognya Samuel Winchester! Wekekek… Di LJ atau di Blogspot/Wordpress? Hihihi.. Kebayangnya, Dean kan masih pake kaset sedang Sam udah pake CD, jadi Dean masih nulis di buku dan nggak tau MySpace itu apa, --situs porno? Hihi, sedang Sam udah pake blog… Tapi Dean bukannya nggak bisa, kurasa, karena dia bisa pake GPS untuk menentukan Sam ada di mana waktu di Born Under Bad Sign…

*****
Di spoileran 3.11 ada yang dengan foto, dan di situ terlihat Dean dan Sam punya tato di dada sebelah kiri atas, Devil’s Trap. Kenapa bukan di urat leher? Hihi…

*****

Kenapa cewek-cewek di Supernatural, manusia maupun demon, gadis maupun ibu-ibu muda, selalu pakai baju dengan belahan dada yang rendah?

Lebih umum lagi, kenapa cewek-cewek Superhero (seperti Wonder Woman, etc) selalu punya dada berukuran besar? Apa tidak mungkin cewek dengan dada berukuran 32 atau 34 jadi superhero? Superheroin yang lebih memikirkan keadaan dunia, bukan dada yang bergoyang-goyang, busana yang stretch sehingga kelihatan ke mana-mana?

*****

Di Phantom Traveller, Dean bilang ke Jerry, dia baru punya HP sekitar 6 bulan lalu, jadi bagaimana Jerry bisa menghubunginya? Jerry bilang, dia nelepon no HP John, dan voicemail John menunjukkan no HP Dean.

Tapi di Route 666, Cassie menghubungi Dean. Apakah Dean memang bagi-bagi no HP ke mantan-mantannya ya? Wekekek.. Kalau Sam masih berhubungan dengan teman-temannya via SMS/email, ya wajarlah, tapi kalau Dean?

*****

Dean kadang pake jaket kulit, kadang pake jaket item (denim mungkin?). Jaket kulit coklatnya itu udah lusuh.

Ada seseorang di milis yang jeli, dan melihat bahwa di Something Wicked, John pake jaket kulit yang sama persis dengan yang dipake Dean sekarang, tapi masih mulus. Jadi, apakah jaket kulit itu juga diwariskan seperti Impala-nya?

Di Home, Ambu nemu bahwa John juga dulu kerjanya di bengkel. Running in family?

Di Dead In The Water, Sam pake celana jeans yang di pinggul itu, dan kelihatan CD-nya saat baju kausnya terangkat. Modis?

Mesin pembaca koran-koran lama: microfiche! Nah, itu dia! Jangan lupa lagi ya!

Karena mereka sering kerja malem, apa mereka tidak kena sindrom kanker hati/sirosis ya?

Di Season 3 ada tokoh baru, Ruby dan Bella. Bella pakai aksen Inggris. Jadi curiga nih, jangan-jangan dia itu sebenarnya Bellatrix Lestrange! *ditakol*

Di Fresh Blood, akhirnya Dean mempercayakan perbaikan mobil ke Sam. Tapi ada yang rada nggak kena. Sam kan diajarin bagian-bagian mobil. Tapi, rasanya kalau cuma sebatas karburator gitu, masa’ sih Sam nggak tau? Sam bisa bawa mobil, mestinya dia juga secara umum kenal bagian-bagian dalam mobil. Kecuali kalau cara memperbaikinya, mungkin Sam nggak bisa, tapi dia kan hanya 2 tahun nggak bersama Dean, masa’ gitu aja nggak bisa? Atau … SIM-nya dapet nembak? *ditakol lagi*

Di awal-awal Season 3, selalu diperlihatkan ada nisan John. Er, bukannya John dikremasi? Ya, bisa sih ada nisannya, Mary juga ada nisannya, tapi rasanya John cuma ditanem dog-tagnya di makam Mary doang. Tapi mungkin aja sih, nggak jeli memperhatikan. Coba liat lagi, ada tanggal meninggalnya John nggak?

Di Wendigo, Dean ditangkap dan Sam/Ben menemukan jejak yang dibuat pakai M&M. Persis seperti … Sherina? Wekekek!

*****

Di Phantom Traveller, Sam menemukan bahwa mereka bisa meng-exorcise seseorang, dan ada verse-nya di journal Dad. OK, ini pertama kali, dan Sam meng-exorcise dengan membaca di journal. Saat demon-nya keluar dari badan co-pilot dan malah mengguncang pesawat, Sam kehilangan keseimbangan, journalnya jatuh dan masuk ke kolong, dan Sam untuk sementara nggak bisa meng-exorcise. Baru bisa lagi setelah journal ter-raih.

Tapi di Devil’s Trap, Sam lagi-lagi baca journal untuk meng-exorcise. Seharusnya, dengan jadi Hunter, mereka sadar bahwa akan ada kasus exorcise, dan mereka nggak bisa mengharapkan journal selalu ada di tangan. Seharusnya mereka menghapalkannya! Dean juga harusnya lebih sadar, karena dia akan udah beberapa tahun kerja beginian, pertama dengan Dad, lalu mungkin kadang-kadang disertai Sam-yang-ogah-ogahan-sebelum-dia-pergi-kuliah, lalu dua tahun tanpa Sam, mungkin dia kerja bersama Dad, mungkin kerja sendiri, masa’ dia belum sadar ada verse exorcisme di journal Dad, dan lebih jauh lagi, mengapa dia belum hapal?

Soal hapal, Bobby di The Magnificent Seven, dan juga Tamara di TMS juga, mereka kan lebih berpengalaman dari Dean/Sam ya? Tapi mereka juga masih baca dari buku.

Apakah memang ada tatacaranya, bahwa baca verse exorcism harus dari buku, nggak boleh diapalin? Di House of The Holy, Father Reynolds memberikan last rite pada Father Gregory nggak liat buku, tuh :P

Ini Verse Exorcise-nya:

[Sam, Phantom Traveller]
[...] cantate Deo, soli te Domino [pre venitur? pre fertum?] super celum per celos (Sam repeats the word 'celos') antiquos [...] et in lucem suem [...] et ..dei. [...] eis et potentiam es [...]

[...] et protectum suo [...] gloria patrem.

[Sam, Devil’s Trap]
Regno terrae cantate Deo, soli te Domino (pre fertum super celum) [...] tribute virtutem deo [...]exorcizamus te...spiritus (admissi) satanica potestas admissi curgio infernalis adversali et omnis letio omnis congregatio et secta(tio)

[...]..perditiones venenam propinare Vade satana inventor et magister omnis [...] [...] [...] invocato at nomi santo et tribali nomine quem inferi tremant. A mercedes diavoli libera nos domine, ut ecclesiam tuam secura tibi facies. libertate servire te rogamus audi nos [...] [...] [...]

[...]sante ecclesiae te rogamos audi nos In nominis deus [...] sanctuario tuus [...] Exert tua virtute et fortitudinem levi sue benedectis deus gloria patri.

http://www.supernaturalwiki.com/index.php?title=Latin_Translation

[Tamara, The Magnificent Seven]
Exorcizamus te,Omnis immundus spiritus,omnis satanica...

[Bobby, The Magnificent Seven]
Exorcizamus te, omnis immundusSpiritus, omnis satanica...

http://www.supernaturalwiki.com/index.php?title=3.01_The_Magnificent_Seven_%28transcript%29



Bandingkan dengan rukyah versi Islam, yang baca Al Falaq, An Naas, dan Ayat Kursi:


Audzubillahi minnas syaithanirrajim

Bismillahirahmannirrahim

[Al Falaq]
Qul a’uudzu birab-bil falaq
Min syar-ri maa khalaq
Wa min syar-ri ghaasiqin idzaa waqab
Wa min syar-rin naf-faatsaati fil’uqad
Wa min syar-ri haasidin idzaa hasad

[An Nas]
Qul a’uudzu birab-bin naas
Malikin naas
Ilaahin naas
Min syar-ril waswaasil khan-naas
Al-ladzii yuwaswisu fii shuduurin naas
Minal jin-nati wan naas

[Ayat Kursi, Surah Al Baqarah 255]
Allahu laa ilaaha ilaa huwal hayyul qayyuum,
Laa ta’khudzuhuu sinatuw wa laa nauum,
Lahuu maa fis samaawaati wa maa fil-ardhi,
Man dzalladzii yasyfa’u’indahu illaa
Bi-idznihi ya’lamu maa baina aidiihim
Wa man khalfahum wa laa yuhiithuuna bisyai-im
Min’ilmihii illaa bimaa syaa’,
Wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardha
Wa laa ya uuduhi hifzhuhumaa wa huwal’aliy yul’azhiim

Yang jelas-jelas jauh lebih panjang, tapi sama Daffa aja udah dihafal sejak berumur 5 tahun. Jadi, Daffa lebih pinter dong daripada Sam!
*ditakol*

Udah ah! Capek! Disambung lagi besok!

2 Comments:

  • Bella! My Bella!
    Ayo colong semua itu barang-barang punya inlander! Dean sama sapa itu namanya yang menjadi adek daripada dia! Bella my love, hiduplah sampe season berikutnya, kalo perlu bikin serial sendiri! Jangan sama nasibnya kayak itu orang item yang jadi vampir cuma 2 season!

    Selagi masih main, My dear Bella!
    Pakelah baju dgn belahan dada rendah! Biar Ambu ngamuk2! Wahahahaha!

    *stabbed to death by Ambu*

    By Blogger Shaven, at 12:01 AM  

  • Euh! Nggak di-stabbed to death. Cuma diiris-iris aja, lalu disirami jeruk nipis...
    *kabur*

    Dah liat 3.09? Ambu lagi donlot nih :P

    By Blogger ambudaff, at 2:59 PM  

Post a Comment

<< Home