Blognya si Ambu

Saturday, January 26, 2008

Sigana Mending Dieureunkeun Bae ...

Naskah aslinya:

[…]Bubuhan Yayasan Rancage mah salilana ge koreh-koreh cok bae. Ngan kamari narima surat tagihan pajeg ti Kantor Pajeg. Ceunah bubuhan wangunna yayasan, ari yayasan apan contona teh Yayasan Supersemar jeung lian-lianna anu diadegkeun ku Presiden Suharto katut para menteri jaman Orde Baru, atuh Yayasan Rancage ge dianggap jugala (saban taun ngaluarkeun hadiah!) nya dianggap kudu ngalaporkeun pangasilanana, sangkan ulah nepi ka leupas tina kawajiban mayar pajeg.

Padahal manan ngungudag pajeg ti yayasan leutik cara Yayasan Rancage mah—anu sanajan diperes ge moal kaluar tai ngora tai ngora acan—atuh mending nekukan babah di Pasar Pagi. Tapi boa babah di Pasar Pagi mah geus ditekuk leuwih ti heula!

Palebah dinyana mah bubuhan pamarentah Duduh tea, mantuan henteu kana usaha mere pangajen kana karya kreatif teh, nya meres-meres pajegna! Ngan da euweuh pereseunana ge. Tapi ari keukeuh-keukeuh teuing mah, sigana mending dieureunkeun bae usaha mere pangajen ka para sastrawan kreatif anu tulisanana ngabeungharan ruhani bangsa dina basa-basa Sunda, Jawa jeung Bali teh. [...]

’Surat ti Ajip Rosidi’ Mangle no 2153, 24-30 Januari 2008, hlm 56-57


Terjemahan bebasnya:
[ampun paralun, untuk yang merasa lebih ahli menerjemahkan, punten pisan]

Nampaknya Sebaiknya Dihentikan Saja ...

[...]Karena Yayasan Rancage selamanya apa yang didapat langsung dipergunakan. Tapi kemarin menerima surat tagihan pajak dari Kantor Pajak. Katanya, karena bentuknya yayasan, dan yayasan contohnya Yayasan Supersemar dan lain-lain yang didirikan oleh Presiden Suharto beserta para menteri jaman Orde Baru, berarti Yayasan Rancage juga dianggap berada (setiap tahun mengeluarkan hadiah!) dianggap harus melaporkan penghasilannya, agar tidak lepas dari kewajiban membayar pajak.

Padahal daripada mengejar-ngejar pajak dari yayasan kecil macam Yayasan Rancage—yang meski diperas juga nggak ada hasilnya—mending menerkam babah di Pasar Pagi. Tapi jangan-jangan babah di Pasar Pagi udah lebih diterkam terlebih dulu ya!

Pada bagian itu pemerintahmu Duduh [surat Ajip ditujukan pada Duduh Durahman, Wakil Pemimpin Redaksi Mangle], bukannya membantu pada usaha memberi penghargaan pada karya kreatif, malah memeras pajaknya! Tapi bagaimana, apa yang mau diperas? Tapi kalau ngotot sih, nampaknya mending dihentikan saja usaha memberi penghargaan pada para sastrawan kreatif yang tulisannya memperkaya rohani bangsa pada bahasa-bahasa Sunda, Jawa, dan Bali itu. [...]

Sedih ya? Bukannya membantu, malah ’menganiaya’. Sedih juga, kalau sampai pak Ajip benar-benar menghentikan upaya Yayasan Rancage...

FYI, Yayasan Rancage dari tahun 1989 tak lepas dari usaha memberi penghargaan bagi para sastrawan Sunda, karya dan jasa, bukan hanya selembar piagam tapi juga uang. Tahun 1993 Hadiah Sastra Rancage didampingi Hadiah Samsudi (untuk bacaan anak-anak) tahun 1998 diperluas pada bahasa Jawa dan bahasa Bali. Tahun ini juga ada Hadiah Hardjapamekas untuk guru-guru SD, SMP, dan SMA. Hadiahnya lumayan lho, Hadiah Hardjapamekas saja masing-masing 5 juta per-orang. Hasil kerja keras—terutama Ajip Rosidi—dan rekan-rekannya di Yayasan Rancage.

Yayasan Rancage dan sastra Sunda bisa dibaca di sini, di sini, dan di sini. Tulisan tentang Ajip Rosidi ada di sini. Ternyata Ajip ulang tahun ke-70, 31 Januari ini ya? Wilujeng tepang taun, pa Ajip! Mudah-mudahan Yayasan Rancage tidak berakhir sampai di sini. Konon 31 Januari ini akan diumumkan penerima Hadiah Rancage untuk karya yang diterbitkan tahun 2007.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home