Blognya si Ambu

Tuesday, December 18, 2007

Banyak Pe-eR

Tadinya kirain kalau udah nggak sekolah lagi, nggak ada pe-er. Euh, malahan dapet dua sekaligus,
*grumble-grumble*

Pertama, dari Myu.

Apa yang sudah kamu lakukan untuk menyelamatkan Bumi kita?

Euh, apa ya?
*membayangkan jadi Greenpeace*

1. Dulu Abah dan Bapak Mertua hobi banget buang sampah dari mobil, terutama kalau lagi di luar kota. Ya, kalau yang dilempar daun pisang bekas pembungkus lontong, itu kan bentar lagi jadi sampah yang membusuk, tapi kalau plastik?

Pelan-pelan dan dengan bantuan anak-anak—yang kecil-kecil tapi cerewet—sekarang tempat sampah di mobil jadi ada gunanya. Dan Ambu nggak bosen-bosennya bilang, “Duh, Abah teh kasep geuning, ari miceun runtah dina tempat sampah, mah.”

Dan anehnya, kalau sampah rumah sih Abah dan Papuh keras banget, harus buang pada tempatnya. Begitu naik mobil, terutama kalau ke luar kota, itu sampah melayang bebas deh. Untung sekarang udah enggak :Peace:

2. Ngumpulin semua kemasan susu bubuk, sereal, dan sejenisnya di dus. Iya, kardus-kardus kemasan susu plus kantong alumuniumnya. Biasanya kan suka dikumpulin sama emang-emang tukang beling, dan dikorek-korek dari tempat sampah. Ambu biasanya langsung negur, "Mang, tong diacak-acak, eta mah runtah baseuh wungkul, ieu aya dus mah," dan kasih aja kumpulan dus itu. Misahin sampah aja ...

3. Plastik. Semua keresek dari supermarket, dilipat baik-baik dan masuk ke bale-bale (yang udah pernah ke rumah Ambu pasti tau di mana Bale-bale :P). Ini juga dulunya suka pake acara berantem dulu sama Abah, dia sukanya, semua yang tidak dipakai, diremes-remes dan masuk tempat sampah. Ga ada acara dilipet baik-baik gitu. Terpaksa, bosen ga bosen, Ambu ceramah tentang plastik dan waktu yang dipakai untuk membusuk. Biarin deh, ceramah ke calon S3 juga :P

4. Kertas tak terpakai, dipake buat print. Abah kan banyak dapet outline Usulan penelitian, Draft, bahkan sampai skripsi. Kebanyakan nggak kepake. Daripada dibuang begitu saja, pertama, dibuat untuk print-an Ambu, catatan-catatan, ngonsep FF, dan gambar-gambar anak-anak. Kalau sudah selelsai dan masih tak terpakai, buat alas mingak kalau goreng kerupuk dan sejenisnya. daripada koran, kan item tuh tintanya, kalau ini lebih bersih, secara kertasnya juga HVS.

Oya, tiap hari di lipatan koran juga suka ada iklan-iklan selebaran gitu. Pilih dulu yang berguna (iklan rumah makan *weks, hihi*) sisanya tumpukkin ke kertas-kertas, itu buat alas.

Dan kalau nge-print, Ambu biasanya pakai trik ini biar irit: satu halaman kertas untuk dua halaman print (ada optionnya di 'Print'), huruf ukuran 8. jadi 16 halaman bisa jadi 4 halaman, irit kan?

5. Taneman? Ambu nggak gitu suka nanem, tangan nggak dingin, tapi paling tidak nyuruh orang aja, biar di rumah tetap hijau. Dan, rumah nggak pake AC juga dingin, karena plafon lumayan tinggi, 6 meter. Kalau malem malah dingin banget, brrrr...

Paling tidak, di rumah jadi ada pabrik oksigen :P

6. Ambu nggak pakai bak air untuk mandi. Pakai ember aja. Pertama, jadi nggak nampung jentik-jentik, dan kedua, jadi irit air. Air hanya keluar sebatas untuk mandi, nggak disia-siakan dengan menampungnya hanya untuk membuangnya.

7. Listrik. Ya, biasa saja, kalau matahari keluar, berarti lampu mati. Dan lampu di luar dikasih otomatis, jadi kalau ditinggal ke luar kota, nggak usah ada yang matiin lampu. Otomatis nyala kalau gelap dan otomatis mati kalau terang.

Benda lain, agak susah, terutama TV. Abah punya kebiasaan, masuk ruangan nyalain TV, ditonton atau enggak. Jadi mesti ada inspeksi keliling rumah dulu, wekekek.

Dalam keadaan normal, mending pakai cahaya matahari daripada lampu. Jadi jendela buka lebar-lebar, pintu juga... Pengennya sih pintu depan juga terbuka sih, tapi resiko jaman sekarang ...

8. (ngelirik punya Myu) Jalan kaki ke mana-mana. Duh, ini impian. Dulu pernah mimpi, tinggal di kompleks di mana ada SD/SMP, anak-anak sekolah di sana, dan saling jemput di pagi hari, jalan kaki atau pakai sepeda. Sekarang? SD aja jauh. Eh, tapi kalau dipikir-pikir, semakin tinggi sekolahnya, semakin deket lho! Bayangin, SD Assalam sekitar 5 km (lebih malah mungkin) SMP Devina SMP 13, kalau nanti dia SMA 8, semakin deket tuh ke rumah, hihi..

OK, kembali ke laptop, Ambu lebih suka pakai becak kalau untuk sekitar. Biasanya Abah suka nyuruh dianter pakai supir, tapi Ambu lebih suka naik becak. Pertama, nggak polusi, dan yang kedua, ya ngasih-ngasih lah ke emang becaknya :P

9. (masih ngelirik punya Myu) kalau beli-beli bawa piring sendiri, iya sama. Kecuali kalau yang jauh. Ini juga berlaku ke tukang tahu (kasih tupperware, er, sebut merek ya? Hihi), tukang pepes-pepesan (kasih piring lodor), dan semua jenis jajanan. Pertama sih buat ngurangin plastik, kedua dengan piring sendiri lebih terjamin kebersihannya.

10. Apa lagi ya? Nggak ngebakar sampah? Dari dulu juga nggak. Pertama, udara pagi yang segar terlalu mahal untuk dikotori. Kedua, nggak ada tempat buat bakar-bakaran. Adanya juga pembakaran buat bakar ikan *dikepruks*. Ketiga, tukang sampah di tempatku cukup rajin, dua hari sekali pasti dateng. Jadi, buat apa bakar sampah? Paling di rumah mamih, yang ada daun-daun disapu ke akar pohon yang bersangkutan, itu mah jadi pupuk ya? Hihi..

Udah? OK, sebar ke:
1. Jo
2. Dessy
3. Mbak Novri, serangan balik :P
4. Jeff
5. Lenny
6. Lemur
7. Kang Rahim Asyik
8. Kang Hevi
9. Spawn
10 Kappa aka Nindya


*****
OK, Pe-eR kedua, dari Mbak Novri
Peraturannya:
1.Bikin 8 Resolusi hidup kamu untuk 2008 (WAJIB 8 - ga kurang ga lebih-)
2.Sebarkan ke 8 orang, yang kamu tunjuk.
3.Kamu mesti mampir ke 8 orang tsb, utk ngasih tau bahwa mereka dapet PR dari kamu
Euh, 8 ya?
1. Pengen lebih rajin shalat dan ngaji, nggak belang-betong seperti sekarang, malu dong sama jilbab :P
2. Insya Allah, pengen umrah dan naik haji.
3. Pengen mengulangi sukses NaNoWriMo 07 di tahun 08 ini, tapi ... November kan bentrok sama bulan haji? *nglirik HaPe dengan GPRS, bisa nggak ya?*
4. Beresin lagi Hogwarts_Chronicles
5. Pengen belajar titik-titik meridian
6. Pengen belajar Iridiologi
7. Pengen belajar Photoshop
8. Last but not least, pengen hidup lebih sehat, me and my whole family
Mm, dilempar ke mana ya?
1. Jo lagi :P
2. Myu
3. GunZ
4. Dessy lagi :P
7. Kang Rahim Asyik lagi :P
8. Lily

1 Comments:

  • Ampuun Ambu, nembe ngadamel blog tos d baledogan ku PR.

    ;)

    Wassalam

    By Blogger Fauzan, at 5:41 PM  

Post a Comment

<< Home