Blognya si Ambu

Sunday, September 16, 2007

Gempa dan Ramalan

Bukan ramalan ala Trelawney kok ..
Malah seperti kata pak Rovicky, bukan ramalan tetapi amaran.

Dulu saat setelah Gempa Aceh, ada ramalan bahwa tak akan lama lagi akan ada gempa besar di pantai selatan Jawa. Dan itu ternyata terbukti dengan Gempa Pangandaran.

Masalahnya adalah, tak ada yang bisa meramalkan dengan tepat 'kapan' itu akan terjadi. Ambu pernah baca, di Jepang saja yang penuh dengan ahlinya, pernah ada yang meramalkan akan ada gempa di titik X, dan memang terjadi, tapi itu terjadi 10 tahun kemudian...

Dan itu juga yang terjadi dengan titik-titik gempa di negara kita tercinta ini. Beberapa hari lalu, setelah terjadi gempa Bengkulu-Padang hari kedua, ada email/Y!M yang mengabarkan bahwa kita harus waspada karena akan ada gempa besar dalam waktu dua minggu. Atau setelah gempa Pangandaran, ada email/Y!M tentang bahwa akan ada gempa besar di X, dll, dll.

Satu hal yang tidak bisa diramalkan di sini adalah waktu! Setelah melihat apa yang terjadi, kondisi di lapangan, melihat batuan, patahan, dll, maka para ahli meramalkan, setelah ini akan terjadi X, tapi nggak bisa diramalkan waktunya. Dan itu oleh para ahli, apalagi oleh kita yang awam..

Makanya, ramalah tentang pulau Jawa Berpotensi Diguncang Gempa 9 SR mungkin akan benar, tapi tak bisa diramalkan waktunya.

Pokoknya, WASPADALAH! WASPADALAH!
*hihi, kaya' bang Napi aja*

0 Comments:

Post a Comment

<< Home